Tuesday 29 December 2015

Pentingnya kontrol kacamata

Kalau kita ga rutin kontrol kaca mata, katanya “minus” atau “plus” mata bisa nambah, bener ga tuh?
-  dalam dunia kedokteran, mata minus kita sebut “miopi” dan mata plus kita sebut “hipermetropi”. 
-nah, si miopi dan hipermetropi ini, dibagi menjadi 2 jenis lagi. Jenis pertama, yaitu aksial ( penyebab terjadinya miopi dan hipermetropi karnea panjang bola mata seseorang yang entah terlalu panjang atau pendek. Penyebab anatomis kalo istilah medisnya, atau hematnya “udah dari sananya dikasih Allah begitu”). Jenis kedua adalah refraktif ( perubahan index bias mata, atau posisi lensa , hematnya sih, perubahan media2 penglihatan pada mata)
 - Pada prinsipnya, jaringan hidup di tubuh kita itu dinamis, bukan mesin. Panjang bola mata , power lensa, kelengkungan kornea bisa berubah, terutama saat masa perkembangan alias saat kita anak anak. Sedangkan panjang bola mata, power lensa, kelengkugan kornea ini, berperan dalam penglihatan kita. 
-biasanya akan terjadi perubahan ukuran kaca mata dalam jangka waktu 6 bulan sampai dengan 1 tahun (oleh karena itu biasanya para dokter menyarankan untuk kontrol kaca mata setiap 6 bulan). Jadi bisa dibilang, perubahan ukuran kaca mata BETUL bisa berubah , tapi ga pasti terjadi, tergantung tubuh kita. Kaca mata kita berubah sesuai dengan jaringan hidup kita yg dinamis berubah. inget tubuh kita bukan mesin. 
- Kalau pada anak, kan masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, termasuk dalam fungsi penglihatan nya pun masih dalam tahap “belajar”. Tujuan mata minus dan mata plus memaakai kacamata adalah, untuk mencapai penglihatan yang pas, yaitu visus nya 6/6 atau 1 (kalau kalian pertama kali mau pakai kaca mata, pasti disuruh baca tabel yang huruf huruf itu kan? itu namanya snellen chart. Target pakai kacamata adalah harus bisa baca semua, sampai baris bawah , nilainya 6/6 atau 1) 
-kalau mata minus atau plus, dan tidak memakai kaca mata, berarti si mata ga pernah terpapar dengan penglihatan yang pas , yaitu nilai 6/6. Berarti, otak juga ga pernah kenalan penglihatan yang pas ini. lama kelamaan, bisa terjadi malas malas atau ambliopia. 
Jadi, perlu ya rutin kontrol kacamata :)

No comments:

Post a Comment