Tuesday 29 December 2015

Review dan Sinopsis Buku "Go Set a Watchman" oleh Harper Lee


“Go Set A Watchman” oleh Harper Lee
Penerbit                   : Penerbit Qanita
Editor                       : Esti Budihabsari
Penerjemah              : Berliani Mantili Nugrahani
Harga                       : Lupa :'( 75 ribu kalau ga salah



Dear Blogwalker, 


Siapa yang ngangka ya ternyata di balik serunya To Kill a Mockingbird ( TKAM) , ternyata sebelumnya ada sebuah naskah yang lebih dulu lahir, dan baru diterbitkan sekarang . Buku ini menceritakan tentang Scout, yang sekarang bernama Jean Louise, dan keadaan di Maycomb setelah 16 tahun kemudian. Scout bergulat dengan perubahan yang terjadi di Maycomb, tentang pandangan mengenai rasisme , dan bahkan tentang nuraninya .

Alur cerita terkadang ada flashback yang manis tentang masa kecilnya, dan ada bumbu-bumbu percintaan antara Jean Louise dan **** (hehehe ). Ada beberapa karakter dari TKAM yang tidak muncul, dan ada karakter baru.


 Buku ini bener-bener bikin emosi , apalagi kalau saat Readers membaca TKAM , kalian terbawa cerita dan menempatkan diri kalian sebagai scout , wah....dijamin emosi hehehe. Banyak beberapa review yang mengatakan cukup kecewa dengan buku ini, kalau saya  pribadi sih suka,  memang jean louise disini terkesan nanggung, tapi justru disitulah kita sebagai manusia, kita cenderung susah mengambil sikap padahal kita tau harus bagaimana, bermain dengan isu sosial dan hati nurani memang tidak mudah. Walau mengambil setting amerika klasik, isu sosial yang dituliskan erat berhubungan dengan kita sebagai seorang manusia.


Dari segi bahasa, terjemahan bahasa indonesianya enak dibaca. Namun jujur saya belum melihat edisi bahasa Inggrisnya. Di bagian akhir, Harper Lee mengutip beberapa kutipan-kutipan klasik yang menurut saya membuat saya merasa beruntung saya membaca nya edisi bahasa Indonesia , jadi saya bisa mendapatkan maknanya. Karena kalau baca buku klasik versi english nya agak berat gitu. 

Tipikal buku yang hate it or love it lah J

Rate : 4/5

Stay Blessed ,
HARUMI

No comments:

Post a Comment